Saturday, November 19, 2011


  Bioinformatika
                  dalam Budidaya Perikanan  
Bioinformatika adalah suatu disiplin ilmu yang melibatkan dua aspek yaitu teknologi informatika ( TI ) dan aspek biologinya. Aplikasi dari bioinformatika tersebut dapat kita lakukan pada bidang budidaya sesuai dengan bidang yang ditekuni. Saat ini, Bioinformatika mempunyai peranan yang sangat penting, diantaranya untuk manajemen data biologi molekul, terutama sekuen DNA dan informasi genetika Bioinformatika membutuhkan sofware yang didukung oleh internet.
Fokus bioteknologi budidaya adalah meningkatkan laju pertumbuhan, tanpa mengabaikan peningkatan terhadap penyakit dan toleransi terhadap kondisi lingkungan. Penangkaran selektiv apa yang lebih dikenal dengan selective breeding merupakan contoh bioteknologi yang telah lama dilakukan. Sekarang ini telah dikembangkan sebuah penanda genetik atau genetik marker yang merupakan alat bantu seleksi.
Penanda genetik juga disebut dengan penanda, marker, atau marka merupakan penciri individu yang terlihat oleh nata atau terdeteksi dengan alternatif tertentu yang menunjukkan genotipes suatu individu. Bentunya dapat berupa penampilan fenotipe / morfologi tertentu, dan kandungan senyawa ( protein atau produk biokimia tertentu. Genetik marker, memudahkan kita untuk menyeleksi induk ikan yang unggul contohnya ikan titang yang merupakan salah satu komoditas ekspor yang cukup tinggi.

Sumber : http://www.scribd.com/doc/56046305/Aplikasi-Bioteknologi-Akuakultur-Dengan-Menggunakan-Genetik-Marker-Untuk-Budidaya-Ikan-Titang

No comments:

Post a Comment